wisata makam tua belanda kampung Peneleh | SURABAYA,JAWA TIMUR INDONESIA

ok postingan kali ini aku mau ceritain tentang pengalamanku wisata yang agak serem dan juga bersejarah yaitu berada dikota surabaya waktu aku liburan semester 7 kemarin.
wisatanya agak unik dan juga nyeremin karena apa tempatnya itu alias kurburan/makam belanda jaman dulu yang berada di jalan peneleh surabaya yang berjarak sekitar 1,5 km dari kawasan togu pahlawan.makam belanda ini hanya orang-orang belanda saja yang dikuburkan disana seperti kaum bangsawan,anak pejabat belanda,warga belanda bahkan gubernurnya hindia belanda waktu pemerintahan dulu.


  kata dari penjaga makamnya sih ini adalah makam gubernur hindia belanda yang menjabat sebagai pemerintahan waktu dulu.kalian bisa liat itu tulisan belanda aku ngak ngerti apa isinya mungkin kalian ada yang bisa terjemahin.
ini suasana makam belanda kalau siang hari serem kalau siang dingin-dingin gimana gituhhh suasananya apalagi malam yah serem banget...kali
 makam disini sebenarnya jenasahnya ataupun tulang-tulangnya sudah ada yang dipindahkan,ada juga yang dibawa oleh keluarganya dan adapula yang diteliti tulang-tulangnya.
makam ini sebenarnya adalah makam modern pada waktu pemerintahan kolonial belanda dulu dan juga tertua kalau ngak salah didunia.
ini menurutku makamnya unik diantara yang lain karena dia menggukan material kayu gitu terus memanjang keatas,daintara makam yang lain ini adalah makam yang cuma ada satu menggunakan unsur kayu untuk batu nisannya.
kalau yang ini menggunakan unsur semen pada makamnya
ini adalah suasana makam lainnya bisa dilihat makam ini sudah cukup tua umurnya

ini juga salah satu makam orang yang paling berpengaruh pada masa pemrintahan hindia belanda dulu.bukan yang itu yah orangnya itu mah mamaku numpang lewat doang bukan penampakan sesosok setan dan apalah itu jenisnya hiraukan saja yah saudara-saudara.


kalau yang ini gue eksis dulu pastinya walaupun lagi dimakam belanda....

sangat disayangkan pemirsa walaupun makam ini keliatan difoto menarik tapi kenyataanya makam ini kurang terawat dan juga sedikit jorok karena dibeberapa bagian dijadikan tempat pembuangan sampah sementara dan juga disini banyak kambing yang berkeliaran yang sedang mencari makan
dan juga wisata ini banyak orang belum mengetahuinya akan keberadaanya.



kalau yang ini salah satu foto yang menurutku aneh banget mukaku disini kaya orang sedih gitu padahal ngak..atau pengaruh energi dari makam belanda ini kali yah.....mungkin...!!!

kalau kalian penasaran sama tempat ini kalian bisa cari disurabaya jalan peneleh.ohh iya kalau dinavigasi atau google map juga bisa temuin denah makam ini lewat smartphone atau gps.

dan kalau kalian ingin infonya lebih tentang tempat ini kalian bisa buka link diabawah ini http://www.kompasiana.com/jelajah_nesia/jejak-sejarah-makam-belanda-peneleh-di-surabaya_552bb0446ea834ae628b4570

itu saja baberapa foto dan cerita dari aku tentang wisata makam tua belanda disurabaya yang banyak menyimpan sejarah,seni maupun keindahan arsitek makam tua belanda.harapan dari aku semoga tempat ini dirawat lagi dengan benar dan bertanggung jawab dan juga orang bisa mengetahui tempat semacam ini bahwa ada disurabaya.
okasinya berada di Jalan Peneleh - Surabaya yang berjarak sekitar 1,5 km dari kawasan Monumen Tugu Pahlawan.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/jelajah_nesia/jejak-sejarah-makam-belanda-peneleh-di-surabaya_552bb0446ea834ae628b4570
Lokasinya berada di Jalan Peneleh - Surabaya yang berjarak sekitar 1,5 km dari kawasan Monumen Tugu Pahlawan.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/jelajah_nesia/jejak-sejarah-makam-belanda-peneleh-di-surabaya_552bb0446ea834ae628b4570
Lokasinya berada di Jalan Peneleh - Surabaya yang berjarak sekitar 1,5 km dari kawasan Monumen Tugu Pahlawan.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/jelajah_nesia/jejak-sejarah-makam-belanda-peneleh-di-surabaya_552bb0446ea834ae628b4570

3 komentar:

  1. Serem sih

    Tapi klasik gitu yaa
    Buat foto ootd seru nih sepertinya wkwk

    Salam kenal dari Padang :)

    BalasHapus
  2. iya.....serem kalau siang suasanya berasa banget
    seru banget untuk ootd apalagi kalau outfitnya pakai jas gitu...terus pake topi yang lebar

    BalasHapus
  3. salam kenal juga...aku dari banjarmasin
    thx banget udah mampir diblog aku dan juga comment
    ketemu blog aku gimana ceritanya

    BalasHapus